(Sharing) Syarat Donor Darah

Hai, hari ini aku mau berbagi sebuah postingan yang menurut aku penting banget. Let's see!

Kita ngga bakal pernah tahu ya kapan bakal kena musibah dan lain-lain. Oleh karena itu, menurut aku penting banget buat kita semua untuk menyumbangkan darah, selain untuk orang yang membutuhkan, kita juga pasti dapat manfaat dari donor darah tersebut.

Aku sudah tiga kali donor darah, sempat vakum hampir setahun gitu karena
hp aku, yg ada WA grup Komunitas Donor Darah di daerahku, hilang dicuri orang, hiks. Sebenarnya itu ngga bisa dijadikan alasan sih, hehe. Tanpa grup itu juga aku kan tetap bisa donor darah, cuma rasanya agak hilang aja semangat donornya. Walaupun faktor utamanya adalah M (malas!) hehe.


Efek yang aku rasain setelah donor sih, badan agak plong. Cuma entah kenapa satu hari setelah donor pasti pusing banget. Paling parah waktu bulan puasa (Juni 2017) kemarin, aku donor setelah buka puasa, dan sekitar 12 jam kemudian kepalaku rasanya kunang-kunang, sampai 3 hari selanjutnya pun lemas banget, ngga bisa ngapa-ngapain! Mungkin karena pengaruh puasa ya, kita kurang asupan makanan, jadi drop banget. Tapi aku harus donor saat itu, soalnya stok darah di kotaku lagi urgent banget, dalam 1 hari butuh kurang lebih 40 kantong darah A, B, AB dan O. Ngga sebanding dengan jumlah pendonornya.

Kalau kalian tanya aku nyesel ngga sih setelah donor malah jadi drop begitu? Aku jawab, NGGAK! Sama sekali nggak! Bahkan mamaku sampai nanya, "kamu nyari apa donorin darah begitu?", karena kasihan ngelihat aku yang bahkan ngga boleh berdiri lama-lama. Aku ngga nyari apa-apa, aku malah ngerasa senang, bersyukur dan bangga darahku bisa digunakan buat nolongin orang lain.

Aku bukan bermaksud buat nakut-nakutin kalian, cuma berbagi pengalaman aja. Efek samping itu tergantung pola hidup kita juga, kalau selama ini makannya sehat-sehat aja, inshaa Allah efek sampingnya ngga ada. Asal kalian tahu pola hidupku agak berantakan, hehe, jadi aku pikir wajar kalau efeknya begitu dahsyat hehe.

Okelah daripada lama-lama bacain curhatanku, mending kalian lihat aja syarat-syarat donor darah dibawah ini.

(FYI, ada tambahan nih, jarak antar waktu donor dulu 2,5 bulan, sekarang jadi 2 bulan saja)

*Syarat Donor Darah*
1. Sehat jasmani dan rohani
2. Usia minimal 17 tahun
3. Berat Badan minimal 50 kg
4. Tekanan darah
               Sistole 110 – 140 mmHg
               Diastole 70 – 90 mmHg
               Apabila tekanan darah kurang atau lebih, boleh donor atas persetujuan dan pengawasan Dokter
5. Kadar haemoglobin 12,5 gr/dl  sampai dengan 17,0 gr/dl


JANGAN MENYUMBANGKAN DARAH JIKA(KONTRA INDIKASI):
1. Mempunyai penyakit jantung dan paru paru
2. Menderita kanker
3. Menderita hipertensi dan atau peminum aspirin/antibiotic
4. Menderita kencing manis
5. Memiliki kecenderungan perdarahan abnormal atau kelainan darah lainnya
6. Menderita Epilepsi dan sering kejang
7. Pernah menderita hepatitis B/C dan syphilis
8. Ketergantungan Narkoba dan atau kecanduan Minuman beralkohol
9. Mengidap atau beresiko tinggi terhadap HIV/AIDS


KAPAN HARUS MENUNDA UNTUK MENYUMBANGKAN DARAH
1. Sedang sakit demam atau influenza,tunggu 1 minggu setelah sembuh
2. Setelah HAID tunggu 1 minggu
3. Setelah cabut gigi,tunggu 5 hari setelah sembuh
4. Setelah operasi kecil ,tunggu 6 bulan
5. Setelah operasi besar , tunggu 12 bulan
6. Setelah tranfusi,tunggu 1 tahun
7. Setelah tattoo,tindik,tusuk jarum,dan tranplantasi ,tunggu 1 tahun
8. Bila kontak erat dengan penderita hepatitis ,tunggu 1 tahun
9. Sedang hamil,tunggu 6 bulan setelah melahirkan
10. Sedang menyusui,tunggu 3 bulan setelah berhenti menyusui
11. Setelah sakit malaria,tunggu 3 tahun setelah bebas dari gejala malaria
12. Setelah berkunjung pulang dari  daerah endemis malaria,tunggu 1 tahun
13. Bila tinggal di daerah endemis malaria selama 5 th berturut turut ,tunggu 3 tahun setelah keluar dari daerah tersebut
14. Bila sakit typus,tunggu 6 bulan setelah sembuh
15. Setelah Vaksin, tunggu 1 tahun
16. Ada gejala alergi, tunggu 1 minggu setelah sembuh
17. Ada infeksi kulit pada daerah yang akan di tusuk,tunggu 1 minggu setelah sembuh
Segitu aja persyaratannya. Di next postingan nanti aku bakal share topik tentang "Mengapa Donor Darah Sukarela, tapi Transfusi Harus Bayar?"
Ditunggu ya, bye!
xoxo

Komentar

Postingan Populer